Seater Electric City Car: Mobil Listrik Baru Karya Mahasiswa ITS

Unknown | 06.57 | 0 komentar

Seater Electric City Car karya ITS

Mendikbud, Mohammad Nuh meresmikan mobil listrik jenis 4-Seater Electric City Car karya para sivitas akademika ITS, di Kampus ITS, Surabaya, Sabtu (26/1) lalu. Setelah menyampaikan apresiasinya terhadap lahirnya mobil listrik karya ITS ini, Nuh pun akhirnya menetapkan nama untuk mobil listrik tersebut adalah EC ITS 1.0.

Kata ITS 1.0 mengartikan bahwa mobil listrik ini karya anak ITS versi pertama. Nuh juga diberi kesempatan untuk memasangkan logo mobil di bagian depan.

"Lahirnya EC-ITS 1.0, menjadi awal yang bagus untuk perkembangan mobil listrik di Indonesia. Pasalnya, saat ini pemerintah sedang mengembangkan proyek Mobil Listrik Nasional (Molinas) yang digawangi oleh lima perguruan tinggi nasional. Mereka adalah ITS, ITB, UGM, UI dan UNS" katanya, seperti dilansir laman its

Rektor ITS, Prof Dr Ir Tri Yogi Yuwono DEA menambahkan, munculnya mobil listrik ini juga menjadi bukti bahwa insinyur-insinyur muda Indonesia sangat berkualitas. Mereka hanya perlu diberi kesempatan lebih untuk menunjukkan kemampuan mereka yang sebenarnya.

“Saya percaya para insinyur muda akan mampu memajukan bangsa Indonesia ini,” tegas dosen Jurusan Teknik Mesin tersebut. Untuk komponen utama dari EC-ITS 1.0 sendiri hampir seluruhnya buatan anak ITS. Mulai dari sistem penggerak, platform, body design, hingga sistem kontrol. Hanya baterai dan motor saja yang terpaksa harus beli karena penelitian yang dilakukan masih belum selesai.

“Nantinya seluruh komponen mobil ini murni dari ITS,” jelas Dr Muhammad Nur Yuniarto, dosen pembimbing yang juga inisiator proyek mobil listrik ITS ini. Pada kesempatan ini, Nuh juga berpesan, agar ITS tidak hanya melakukan penelitian untuk mengembangkan mobil ini. Namun, pemberian edukasi kepada masyarakat juga perlu dilakukan nantinya.

“Jika masyarakat dan kampus mampu bersinergi, bangsa Indonesia pasti bisa maju,” ucapnya.




Sumber: http://wartapedia.com

Category: , ,

About GalleryBloggerTemplates.com:
GalleryBloggerTemplates.com is Free Blogger Templates Gallery. We provide Blogger templates for free. You can find about tutorials, blogger hacks, SEO optimization, tips and tricks here!

0 komentar